blog
APA SAJA CIRI - CIRI LEMAH JANTUNG ?

Menurut data yang dipublikasikan oleh U.S Food & Drug, disebutkan kalau penyakit jantung adalah penyebab utama kematian perempuan. Laki-laki lebih sering mengalami serangan jantung, tetapi tingkat kematian karena serangan jantung jauh lebih tinggi dialami oleh perempuan.

Mengetahui fakta demikian selalu awas dan waspada terhadap tanda serangan jantung untuk menghindari dan melakukan penanganan terbaik. Gejala utama dari serangan jantung adalah nyeri di bagian dada. Meski begitu, ketika penyakit jantung menyerang, tak hanya nyeri dada saja yang bisa dialami.

Serangan jantung disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Namun begitu, biasanya masalah pada jantung menunjukkan gejala yang sama. Nyeri dada bukan menjadi satu-satunya tanda serangan jantung. Ada sejumlah gejala lainnya yang bisa muncul yang tergantung pada jenis kondisi yang dialami seperti:

    Jantung berdebar atau detak jantung justru melambat.
    Pusing.
    Demam.
    Irama jantung berubah.
    Nyeri di bagian leher, rahang, tenggorokan, punggung, dan lengan.
    Mual.
    Ruam di kulit.
    Sesak napas atau napas menjadi pendek.
    Tangan dan kaki terasa dingin.
    Pingsan atau terasa mau pingsan.
    Batuk kering yang tak kunjung membaik.
    Mudah lelah saat beraktivitas.
    Warna kulit membiru (sianosis).
    Pembengkakan di lengan, perut, tungkai, ataupun sekitar mata.

Apa Saja Ciri-Ciri Lemah Jantung?

Di dalam dunia medis, kondisi ini lebih dikenal dengan kardiomiopati, yakni kelainan otot jantung yang membuat organ ini lebih sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung pengidapnya akan mengalami pelebaran, penebalan, dan kaku pada dinding bilik jantung sehingga memengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Lemah jantung atau kardiomiopati bukan penyakit yang bisa disepelekan, karena ia bisa sebabkan gagal jantung yang berujung kematian. Sebagian besar kasus kardiomiopati juga terjadi pada anak-anak dan orang-orang yang lebih muda. Beberapa jenis kardiomiopati juga dapat diturunkan, jika salah satu anggota keluarga ada yang mengalaminya segera meminta saran dokter jantung.

Melansir Healthline, gejala semua jenis kardiomiopati cenderung serupa. Jantung tidak mampu memompa darah ke jaringan dan organ tubuh secara memadai. tanda tandanya yaitu:

    Sering merasa lemah dan lelah;
    Sesak napas, terutama saat aktivitas atau olahraga;
    Pusing;
    Sakit dada;
    Pingsan;
    Tekanan darah tinggi;
    Edema, atau pembengkakan, dari kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Jika mengalami salah satu gejala di atas, penting untuk segera memeriksakan ke rumah sakit. Penyakit jantung yang tak ditangani dengan tepat, tak menutup kemungkinan bisa menimbulkan berbagai komplikasi.

Konsumsi secara rutin GEMFORCE GL dapat mencegah penggumpalan darah dan mencegah terbentuknya plak didalam pembuluh darah. Mengandung Superantioksidan Glutathione, Vitamin C, Vitamin, E, Vitamin A, Kalsium, Collagen pepti dan 21 ekstrak buah dan sayuran yang kaya anti oksidan.

Share This Post :